Pages

Sabtu, 18 Juni 2011

Sma 1 Magelang

Kota Magelang Terdapat banyak Sekali Sma Yang Favorit Yang Pertama Di Mulai Dari Sma 1 magelang, di bawah ini profil lengkap SMA 1 Magelang :

Email          Smansa_mgl@yahoo.co.id
Website       Klik Di sini Untuk Masuk SMA 1 Magelang
Alamat         Jl. Cepaka 1 Magelang,56113
Nomor Telp  : (0293) 362531



Sejarah Singkat SMA 1 Magelang :

Profil Sekolah
SMA NEGERI 1 MAGELANG Menurut buku kenang-kenangan Dasa Warsa SMA Negeri 1 Magelang tahun 1960 yang diriwayatkan oleh Bapak B. Soemarto mantan guru SMA Negeri 1 Magelang adalah sebagai berikut : Setelah kemerdekaan, maka Pendidikan berkembang dengan pesatnya. Sekolah-sekolah didirikan dimana-mana, maka S.R, SMP, SMA dan bahkan Universitas muncul dengan serentak . Kota Magelang pun tidak ketinggalan . Pada tahun 1947 diadakan SMA Persiapan dibawah pimpinan Bapak Soedarsono (mantan Kepala Jawatan Kebudayaan Pusat) bertempat di gedung Christelyke M.U.L.O.

Pengajar-pengajar dipinjam dari kantor-kantor , kebetulan Magelang memiliki banyak kaum intelektual, karena pada waktu itu Kementrian Kemakmuran dan Kementrian Keuangan dengan segala bagiannya berkedudukan di Magelang. Untuk menarik pemuda-pemuda, pada bulan Juli 1949 oleh Pemerintah Federal didirikan SMP dan SMA bertempat di gedung SMP 1 sekarang, Ir. Soeroto sebagai direktur . Pada bulan September 1949 didirikan SMA Darurat dengan menempati gedung SMA Al-Iman di Jalan Bayeman di bawah pimpinan Bapak Siregar Pada bulan Januari 1950 kedua SMA disatukan , SMA bagian B menempati bekas Ambache School dan bagian C di RST.

Tahun 1952 bagian C ditutup, sehingga di wilayah Karesidenan Kedu hanya mempunyai SMA bagian B saja. Pada bulan Agustus 1955 SMA bagian C dibuka kembali dilengkapi bagian A yang menempati gedung SMP sore hari. Barulah pada tahun 1959 dengan resmi SMA Negeri Magelang mempunyai gedung sendiri, bagian A, B, dan C bersama-sama masuk pagi dengan jumlah 23 kelas , 835 siswa yang dipimpin Bapak R. Tedjana dan diasuh oleh 36 Bapak dan Ibu Guru yang bertempat di Jalan Cepaka sampai sekarang.

SMA Negeri 1 Magelang disamping menghasilkan siswa-siswinya yang kemudian mendapat kepercayaan Drs. Hadi Sutomo masyarakat maupun Pemerintah untuk diserahi jabatan tertentu, juga berhasil pula membina guru-gurunya yang dipercaya Pemerintah menjadi Kepala SMA dan juga berperan dalam mendirikan SMA-SMA yang lain di Karesidenan Kedu Tahun 1980 SMA Negeri 1 Magelang mendapat tugas mengelola berdirinya SMA Negeri UGB Grabag Kabupaten Magelang dan salah satu guru SMA 1 menjadi Kepala Sekolah tsb.Tahun 1983 mendapat tugas mengelola berdirinya SMA Negeri UGB Kota Mungkid dan salah satu gurunya menjadi Kepala Sekolah tersebut Tahun 1985 mendapat tugas mengelola berdirinya SMA Negeri UGB di Kota Magelang yang menempati bekas gedung SPG Negeri Magelang di Jalan Medang No.17 Magelang yang selanjutnya disebut SMA Negeri 3 Kota Magelang.

Salam Saya eXNewBee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi saran Atau Pertanyaan Untuk Memajukan Blog Ini.....